• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Macam Macam Gerak Pada Tumbuhan Beserta Penjelasanya

 


Mungkin kita sudah biasa dengan melihat hewan dan manusia berlari, melompat berenang dll. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa semua makhluk hidup dapat bergerak. Jadi intinya semua yang bernafas pasti bergerak tanpa terkecuali tumbuhan. Tumbuhan dapat bergerak, karena dipengaruhi oleh rangsangan.

Gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi 2 yaitu ; gerak endonom dan gerak etionom.

>Gerak Endonom

Gerak endonom merupakan gerak pada tumbuha yang tidak dipengaruhi oleh faktor luar, misalnya gerak sitoplasma didalam sel dan gerak tumbuhan ketika tumbuh, seperti tumbuhnya akar, batang, daun.

>Gerak Etionom

Gerak etionom merupakan gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi arah datangnya rangsang dan tubuh yang bergerak hanya sebagian, misalnya batang, akar, daun atau sulurnya saja [dipengaruhi oleh datangnya rangsang]. Gerak etionom pada tumbuhan ini dibedakan lagi menjadi beberapa bagian yaitu ; Tropisme, Nasti, dan Taksis

>>Tropisme

Gerak tropisme merupakan gerak sebagian tubuh tumbuhan yang arahnya dipengaruhi oleh datangnya rangsang. Dan tubuh yang bergeral hanya sebagian contohnya akar, batang, daun, sulur dsb. Gerak tropisme ini dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu fototropisme, geotropisme, hidrotropisme, kemotropisme, dan tigmotropisme.

>>> Fotoropisme
Fototropisme merupakan gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleng rangsangan cahaya. Bila arah tumbuhan mendekati cahaya maka disebut dengan gerak fototropisme positif. Misalnya batang tumbuhan yang membelok ke cahaya.

>>> Geotropisme

Geotropisme merupakan gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan / pengaruh gravitasi bumi. Misalnya akar yang menuju ke pusat bumi.

>>>Hidrotropisme

Hidrotropisme merupakan gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa air. Misalnya akar tumbuhan yang bergerak mendekati sumber air.

>>> Kemotropisme

Kemotropisme merupakan gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan zat kimia. Contohnya gerak akar yang menjauhi racun.

>>> Tigmotropisme

Tigmotropisme merupakan gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan sentuhan satu sisi atau persinggungan. Contoh gerak membelitnya ujung batang atau sulur dari beberapa jenis tanaman.

Macam Macam Gerak Pada Tumbuhan


 >>Nasti

Nasti merupakan gerak pada sebagian tubuh tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh datangnya rangsang melainkan dari tumbuhan itu sendiri. Nasti ini dibedakan menjadi beberapa macam yaitu fotonasti, niktinasti, tigmonasti atau seismonasti, termonasti, haptonasti, dan nasti kompleks.

>>> Fotonasti

Fotonasti merupakan gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Contoh mekarnya bunga pukul empat disore hari.

>>> Niktinasti

Niktinasti merupakan gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh suasana gelap sehingga disebut juga dengan gerak tidur. Contoh  menutupnya daun polong polongan pada malam hari.

>>> Tigmonasti atau Seismonasti

Tigmonasti atau bisa disebut juga dengan seismonasti ini merupakan gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh adanya rangsangan berupa sentuhan atau getaran. Contohnya gerakan menutupnya daun putri malu yang sering kita jumpai [mungkin].

>>> Haptonasti

Haptonasti merupakan gerak pada tumbuhan tertentu dengan jenis tumbuhan yang memakan insektivora, gerakan ini disebabkan oleh adanya sentuhan serangga. Contoh gerakan haptonasti dianaea sejenis tumbuhan pemakan lalat.

>>>Termonasti

Termonasti merupakan gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan suhu, contohnya adalah mekarnya bunga tulip dan crocus.

>>> Nasti Kompleks

Nasti kompleks merupakan gerak pada tumbuhan yang disebabkan oleh rangasangan berupa karbon dioksida atau Co2, pH, Suhu, dan kadar kalsium. Contoh membuka dan menutupnya stomata pada daun.

>>Taksis

Merupakan gerak berpindahnya sebagian dari tubuh tumbuhan. Gerak taksis ini dibedakan menjadi dua yaitu Kemotaksis, dan Fototaksis.

>>>Fototaksis

Fototaksis merupakan gerak tumbuhan dengan rangsangan cahaya, contoh gerakan spirogyra menuju arah cahaya.

>>>Kemotaksis

Kemotaksis merupakan gerak pada tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan zat kimia. Contoh gerak gamet jantan ke arah gamet betina didalam arkegonium

Macam Macam Gerak Pada Tumbuhan Beserta Penjelasanya 4.5 5 Unknown pengertian gerak pada tumbuhan, contoh gerak pada tumbuhan, jenis jenis gerak pada tumbuhan. Mungkin kita sudah biasa dengan melihat hewan dan manusia berlari, melompat berenang dll. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa semua makhluk...


No comments:

Post a Comment

Lihat Juga

J-Theme