• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Penjelasan, Struktur dan Fitur Bahasa Teks Tantangan

 

Struktur Teks Tantangan

Penjelasan :
                Teks tantangan merupakan teks yang berisi tentang suatu masalah yang dibahas dan dalam bagian argumentasi pada teks ini hanya terdapat pendapat pendapat yang menentang / pendapat yang tidak mendukung suatu masalah yang dibahas. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu tentang teks tantangan dengan menjelaskan struktur dan fitur bahasanya. Penjelasan ini akan diikuti oleh contohnya. 

Struktur Teks Tantangan :
                Struktur teks tantangan adalah isu, argument menentang, dan simpulan
                        Isu berisi suatu permasalahan yang akan dibahas dalam teks tersebut.

Argument menentang berisi pendapat pendapat yang menentang suatu permasalahan    yang dibahas, perlu diketahui bahwa dalam teks tantangan tidak ada pendapat pendapat yang mendukung.

Simpulan berisi tentang penyelesaian / kesimpulan suatu permasalahan yang sedang dibahas.

Fitur Bahasa Teks Tantangan :
                Fitur bahasa teks tantangan yaitu : kalimat kompleks, kata  hubung, Kata rujukan dan pilihan kata.

Contoh teks tantangan :
Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak
Fitur Bahasa Teks Tantangan

ISU :

Besaran subsidi energi pada tahun anggaran 2014 mencapai  297,4 triliun. Angka tersebut didasarkan pada realisasi tahun 2013 sebesar 299,59 triliun dari yang ditetapkan APBN-P (Anggaran Pendapatan Belanja  Negara  Perubahan)  2013  sejumlah  287,14 triliun.  Subsidi  energi  tahun  ini  mencakup  BBM/LPG  dengan pengajuan 210,73 triliun.

Sementara itu, realisasi tahun lalu mencapai 210 triliun dari APBN-P  2013  sebesar  199,9  triliun.  Peningkatan  subsidi  BBM tersebut karena lonjakan konsumsi minyak Indonesia. Di sisi lain, produksi  (lifting)  minyak  tidak  mencapai  target.  

Contoh,  sejak tahun  2009,  realisasi  produksi  minyak  selalu  di  bawah  target. Pada  tahun  2013,  targetnya  840  ribu  barel  per  hari,  sedangkan realisasinya 825 ribu barel per hari.

Bagaimana  dengan  konsumsi  minyak?  Pada  tahun  2009, konsumsinya  sebesar  1,02  juta  barel  per  hari.  Kemudian,  pada tahun  2013  melonjak  menjadi  1,50  juta  barel  per  hari.  Dengan demikian,  pada  tahun  lalu  Indonesia  harus  mengimpor  minyak sebesar 725 ribu barel per hari. Indonesia adalah negara pengekspor sekaligus pengimpor minyak.

Sejak  2004,  Indonesia  sudah  menjadi  importir  minyak  (net importer oil). Dengan kata lain, jumlah impor untuk memenuhi konsumsi  domestik  melebihi  jumlah  ekspor  minyak.  Sebelum tahun  2004,  Indonesia  masih  dikenal  sebagai  eksportir  minyak (net exporter oil) karena ekspor lebih tinggi dari impor.

Subsidi BBM harus diakui cenderung meningkat. Kondisi ini tentu membebani APBN. Untuk itu, diperlukan upaya menurunkan atau bahkan menghapus subsidi BBM secara bertahap.

ARGUMENT MENENTANG :

Meskipun  demikian,  kelompok  masyarakat  yang  kontra penurunan subsidi BBM mempunyai argumentasi lain. Penurunan subsidi yang diikuti kenaikan harga BBM memicu inflasi (barang dan  jasa  mahal).  

Kondisi  ini  menjadikan  daya  beli  masyarakat turun, khususnya masyarakat miskin. Akhirnya, jumlah penduduk kategori miskin akan bertambah.

Kenaikan harga BBM dan inflasi akan menyebabkan permintaan domestic menurun sehingga melemahkan produksi. Penurunan  produksi  di  berbagai  sektor  ekonomi akan  meningkatkan  pemutusan  hubungan  kerja  (PHK)  dan meningkatkan  pengangguran.  

Ringkasnya,  kelompok  kontra berpendapat kenaikan harga BBM menyebabkan inflasi, kemiskinan, serta pengangguran lebih tinggi.

Penurunan  dan/atau  penghapusan  subsidi  BBM  tentu berdampak negatif terhadap perekonomian dalam jangka pendek, terutama inflasi, sektoral, ekonomi makro, kemiskinan, danpengangguran.  Yang  perlu  dicermati  adalah  dampak  terhadap kemiskinan  dan  pengangguran.  

Pemerintah  baru  harus  sudah mempunyai  solusi  terhadap  subsidi  BBM,  seperti  keberanian menurunkan  subsidi  BBM  secara  bertahap  sampai  akhirnya menghapus.

Dampak  negatif  penurunan  subsidi  BBM  dalam  jangka pendek dapat dikurangi dengan menerapkan kebijakan fiskallewat jaring pengaman sosial dan kebijakan moneter. Selain itu, Bank Indonesia dapat menurunkan jumlah uang beredar melalui Instrument menaikan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia(SBI).  

Pengurangan  subsidi  BBM  juga  harus  disertai  program kompensasi. Akan tetapi, program kompensasi yang tidak efektif justru akan meningkatkan kemiskinan.

Sebaliknya,  jika  program  kompensasi  dapat  dilaksanakan dengan  efektif,  dapat  menekan  kemiskinan.  Kompensasi sebaiknya bukan dalam bentuk tunai, tetapi dapat berupa asuransi kesehatan,  beasiswa  pendidikan,  modal  kerja  usaha  kecil  dan menengah, padat karya, serta beras untuk masyarakat miskin.

SIMPULAN :

Subsidi  tidak  dapat  diberlakukan  terus-menerus.  Andai subsidi terpaksa diberikan, harus diberlakukan secara adil, selektif, dan  tepat  sasaran  dengan  jangka  waktu  terbatas.  Subsidi  harus dikurangi secara bertahap, sampai akhirnya dihapus. Pemerintah baru didorong berani mengurangi subsidi BBM disertai penjelasan kepada masyarakat.


FITUR BAHASA
Kalimat Kompleks
           Parataktik = Penurunan subsidi yang diikuti kenaikan harga BBM memicu inflasi (barang dan  jasa  mahal)
                
          Hipotaktik = Peningkatan  subsidi  BBM tersebut karena lonjakan konsumsi minyak Indonesia. Di sisi lain, produksi  (lifting)  minyak  tidak  mencapai  target

Kata Hubung
                Setara = Penurunan subsidi yang diikuti kenaikan harga BBM memicu inflasi (barang dan  jasa  mahal)
                
     Bertingkat = Peningkatan  subsidi  BBM tersebut karena lonjakan konsumsi minyak Indonesia. Di sisi lain, produksi  (lifting)  minyak  tidak  mencapai  target

Kata Rujukan
     Sementara itu, realisasi tahun lalu mencapai 210 triliun dari APBN-P  2013  sebesar  199,9  triliun.  Peningkatan  subsidi  BBM tersebut karena lonjakan konsumsi minyak Indonesia. Di sisi lain, produksi  (lifting)  minyak  tidak  mencapai  target.

Pilihan Kata
     Subsidi artinya bantuan uang dan sebagainya kepada masyarakat, yayasan, perkumpulan dan sebagainya.


Penjelasan, Struktur dan Fitur Bahasa Teks Tantangan 4.5 5 Unknown cara menelaah fitur bahasa dan struktur teks tantangan, mengetahui perbedaan teks tantangan dengan teks lainya. menentukan struktur teks tantangan. Penjelasan :                 Teks tantangan merupakan teks yang berisi tentang suatu masalah yang dibahas dan dalam bagian argumenta...


1 comment:

  1. menurut saya pembahasannya sangat mendalam, ijin bookmark gan buat dijadiin makalah bagus nih.
    Salam kenal dari Muhamad Ilyas.

    ReplyDelete

Lihat Juga

J-Theme